it'S jUSt mY blOG guys…

Peninggalan Majapahit

Posted on: Oktober 6, 2010

Kerajaan Majapahit,, merupakan salah satu kerajaan terbesar di Indonesia. kerjaan ini menjamai jaman keemasannya ketika diperintah oleh rajanya “Hayam Wuruk” dengan patihnya “Gajah Mada”.

Bekas-bekas peninggalan Majapahit saat ini masih ada tepatnya di sekitar daerah Trowulan, Mojokerto Jawa Timur.

Berikut ini beberapa situs-situs sejarahnya yang sempat aku kunjungi:

1. Gapura Wringin Lawang

wringin Lawang ini merupakan sebuah gapura yang terletak di dukuh wringin lawang, desa jati pasar, kecamatan trowulan, kabupaten mojokerto.

Menurut sesepuh daerah sekitar, pemberian nama Gapura ini dengan sebutan Wringin Lawang, konon katanya berhubungan dengan adanya pohon beringin yang ada di kedua sisi bangunan gapura tersebut.

bagian dalam dari gapura terdapat taman yang cukup cantik. entah taman ini ada sejak jaman dulu atau hanya buatan pengelola setempat untuk memepercantik wilayah gapura Wringin Lawang agar semakin di minati oleh para pelancong. bagi yang suka berfoto-foto ria lokasi taman pada wringin lawang ini sangatlah pas untuk menyalurkan hasrat tersebut,,hhe…kayak apaan yaakkk…

2. Kolam Segaran

Lokasi kolam segaran ini terletak di tepi jalan sekitar 200 meter jurusan Trowulan Pendopo agung. Tetapi lebih tepatnya di Dukuh Trowulan, Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan. Bentuk denah kolam empat persegi panjang berukuran panjang 375 m dan lebar 175 m. Dinding kolam setinggi 3,16 m, sementara lebarnya 1,6 m.

Menurut cerita, kolam ini digunakan sebagai tempat rekreasi dan tempat menjamu tamu-tamu kerajaan majapahit, tetapi ada pula yang mengatakan sebagai tempat pemandian para putri keraton. Bahkan ada pula yang mengatakan bahwa area ini merupakan tempat penggemblengan pasukan perang sebelum dikirim dalam misinya melakukan penaklukan ke wilayah lain.

sayang, ketika ku mengunjungi tempat ini, suasana kerajaan itu sudah tak ada, menurut ku keadaannya menjadi tak terawat. Kolam ini seakan-akan hanya merupakan suatu tempat biasa yang tidak memiliki arti sejarah sama sekali. berbeda dengan lokasi situs sejarah lainnya, yang suasanany di buat sesejuk mungkin. Kolam segaran hanya berupa sebuah kolam yang sangat luas dan teletak dipinggir jalan, dan saat itu tak kulihat sama sakali wisatawan yang berusaha untuk memotretnya. mungkin di karenakan papan petunjuk situs atau keterangan mengenai situs ini tidak ada. Sehingga kurang terpublikasikan.

3. Gapura Bajang Ratu

Situs ini terletak terletak di desa temon, Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto.

Gapura ini diduga sebagai gerbang masuk keraton majahit, juga sebagai pintu masuk ke sebuah bangunan suci untuk memperingati wafatnya Raja Jayanegara.

4. Candi Tikus

Candi ini terletak di Dukuh Tinuk Desa temon, Kecamatan Trowulan-Mojokerto.

Bangunan Candi Tikus berupa tempat ritual mandi (petirtaan) di kompleks pusat pemerintahan Majapahit. Bangunan utamanya terdiri dari dua tingkat.

menurut cerita, awal diketemukannya candi ini disebabkan candi itu pernah menjadi sarang tikus, dan hama tikus ini menyerang desa disekitarnya.

Pada candi ini terdapat beberapa pancuran air yang berada di bawahnya. Konon jauh-dekatnya air yang dipancarkan dari pancuran ini bisa digunakan sebagai barometer penentu musim hujan atau kemarau.

Candi Tikus sebenarnya merupakan tempat pengaturan air di zaman kerajaan Majapahit, bukan tempat pemujaan seperti candi-candi lain pada umumnya.

Biasanya candi tersebut selalu digenangi oleh air, tapi ketika ku berkunjung candi dalam keadaan kering. Mungkin disebabkan karena saat itu musim kemarau.

5. Pendopo Agung

Seperti halnya dengan pendopo-pendopo saat ini, Pendopo agung juga digunakan sebagai tempat pertemuan serta pertunjukan seni.

Pada bagian belakang pendopo terdapat Petilasan Panggung yang merupakan tempat SUMPAH AMUKTI PALAPA di ucapkan oleh mahapatih Gajah Mada, dan merupaka tempat pertapaan Raden Wijaya. Masih pada bagian dalam pendopo Agung ini pila terdapat suatu bangunan kecil yang menurut keteranganya merupakan tempat di diletakkannya Gada milik Mahapatih Gajah Mada, sayangnya bangun itu selalu ditutupi oleh kain, sehingga aku tak bisa melihat Gada itu dehh,,hhe…

Pendopo Agung terletak di Dusun Nglinguk, Desa Sentonorejo, Kecamatan Trowulan. Setiap tanggal 1 Suro tempat ini tempat itu menjadi pusat kegiatan perayaan Grebeg Suro Majapahit, yang menyajikan berbagai pertunjukan seni tradisional, ritual pembersihan senjata tradisional, serta pagelaran wayang kulit semalam suntuk.

Artefak-artefak peninggalan Majapahit yang diketemukan sebagian disimpan dalam Musim Sasono Bhakti.

Seperti arca-arca dewa-dewi yang mereka sembah, peralatan makan mereka, perhiasan dan barang seni lainnya.

Semua situs Trowulan ramai di kunjungi para turis baik Lokal maupun Internasional terutama pada momen-momen hari Libur. Pada saat itu, Pendopo Agung lah..satu-satunya tempat yang paling ramai di kunjungi dibandingkan situs-situs lainnya. Hal ini disebabkan suasana di pendopo agung sangatlah sejuk. Sehingga merupakan tempat yang tepat untuk beristirahat.

Sebenarnya masih banyak lainnya situs peninggalan Kerajaan majapahit itu, namun berhubung waktu tidak memungkinkan pada saat itu, maka hanya inilah tempat-tempat yang berhasil aku kunjungi. Eitts..jangan salahh…walaupun tidak terlalu banyak namun cukup memakan waktu, disebabkan Lokasi antara masing-masing situs tidaklah berdekatan.

bagi yang berminat,, monggo silahkan kunjungi…

SLamat Rekreasi…^_^v

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

hOLLy Qur’@n

d@y

Oktober 2010
S S R K J S M
« Sep   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Arsip

Kategori


!ni K@L!aN

p@rA $p!oN2

%d blogger menyukai ini: