it'S jUSt mY blOG guys…

PERKEMBANGAN TEORI ATOM

Posted on: September 4, 2010

ATOM SEBAGAI UNIT PEMBANGUN MATERI

Semua yang ada di alam ini tersusun atas materi. Dimana materi itu sendiri adalah segala sesuatu yang memiliki massa dan volume. Materi tersebut dapat berubah dari materi satu menjadi materi yang lain. Misalnya dari sebuah balok kayu besar dapat di rubah menjadi meja atau lemari. Karena hal ini lah, maka para ilmuan jaman dahulu mulai memikirkan penyebab terjadinya perubahan pada materi tersebut. Mereka berkeyakinan bahwa terbentuk dari suatu bahan dasar.

Pada saat itu terdapat 2 jenis pemikiran:

  1. Teori Diskontinyu –> menyatakan bahwa materi terbentuk dari partikel yang sudah tidak dapat terbagi lagi yang disebut dengan ATOM; a=tidak, tomos=terbagi (Democritus).
  2. Teori Kontinyu –> menyatakan bahwa tidak ada yang tidak terbagi (Plato dan Aristoteles).

Teori ke-2 lah yang lebih berpengaruh pada jaman itu, namaun sayang tidak ada penelitian lebih lanjut. Baru ketika pada tahun 1803-1803 seorang ilmuwan berkebangsaan Inggris bernama John Dalton mengemukakan suatu teori tentang atom, yang lebih dikenal dengan sebutan 4 postulat Dalton:

  1. Atom merupakan bagian terkecil dari materi yang sudah tidak dapat dibagi lagi
  2. Atom digambarkan sebagai bola pejal yang sangat kecil, suatu unsur memiliki atom-atom yang identik dan berbeda untuk unsur yang lain
  3. Atom-atom bergabung membentuk senyawa dengan perbandingan bilangan bulat dan sederhana. Misalnya air terdiri dari 2 atom hidrogen dan satu atom oksigen
  4. Reaksi kimia merupakan pemisahan atau penggabungan atau penyusunan kembali dari atom-atom, sehingga atom tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan.

 

 Gb. 1 Dalton (Purba, M., 2006)

 

Teori atom Dalton didasarkan pada dua hukum, yaitu hukum kekekalan massa (hukum Lavoisier) dan hukum susunan tetap (hukum prouts). Lavosier mennyatakan bahwa “Massa total zat-zat sebelum reaksi akan selalu sama dengan massa total zat-zat hasil reaksi”. Sedangkan Prouts menyatakan bahwa “Perbandingan massa unsur-unsur dalam suatu senyawa selalu tetap”.

Tenyata teori tersebut memiliki beberapa kelemahan diantaranya:

  1. Tidak dapat menjelaskan sifat listrik materi
  2. Tidak dapat menjelaskan tebentuknya senyawa
  3. Tidak dapat menjelaskan perbedaan unsur satu dengan yang lain

Namun dengan dikemukakannya teori ini, mulai membangkitkan minat terhadap penelitian tentang ATOM.

Joshep John Thomson (J.J Thomson) –> Penemu Proton.

Gb.3 J.J. Thomson (Purba, M., 2006)

Menggunakan tabung katode yang diketemukan oleh William Crookers, J.J. Thomson meneliti lebih lanjut tentang sinar katode. Ia menyimpulkan bahwa sinar katode merupakan partikel, sebab dapat memutar baling-baling yang diletakkan diantara katode dan anode. Ia menyatakan bahwa sinar katode merupakan partikel penyusun atom (partikel subatom) yang bermuatan negatif dan selanjutnya disebut elektron.

 

Gb.4 Model Atom Thomson (Purba, M., 2006)

 

(Purba, M., 2006)

 

“Atom merupakan bola pejal yang bermuatan positif dan didalamya

 tersebar muatan negatif elektron” sehinngga atom bersifat netral”

Kelemahan dari teori ini adalah tidak dapat menjelaskan secara pasti susunan muatan positif dan negatif dalam atom tersebut . Tetapi dapat membuktikan bahwa atom bukanlah bagian terkecil dari unsur (adanya partikel negatif).

Ernest Rutherford

melakukan percobaan hamburan sinar alfa (λ) terhadap lempeng tipis emas. didapatkan fakta bahwa sebagian besar partikel alfa diteruskan (ada penyimpangan sudut kurang dari 1°), satu diantara 20.000 partikel alfa akan membelok dengan sudut 90° bahkan lebih.

Berdasarkan fakta-fakta tersebut, Rutherford menyatakan bahwa Atom terdiri dari inti atom yang sangat kecil dan bermuatan positif, dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif pada jarak yang relatif cikup jauh yang disebut dengan KULIT ATOM.

 

 (Purba, M., 2006)

 

Kelemahan dari teori ini adalah Tidak dapat menjelaskan mengapa elektron tidak jatuh ke dalam inti atom. Berdasarkan teori fisika, gerakan elektron mengitari inti ini disertai pemancaran energi sehingga lama – kelamaan energi elektron akan berkurang dan lintasannya makin lama akan mendekati inti dan jatuh ke dalam inti.

Kelebihan
Membuat hipotesa bahwa atom tersusun dari inti atom dan elektron yang mengelilingi inti

Niels Bohr

Berdasarkan analisis spektrum atom dan teori kuantum yang dikemukakan oleh Max Planck, Bohr melalui percobaannya tentang spektrum atom hidrogen. Percobaannya ini berhasil memberikan gambaran keadaan elektron dalam menempati daerah disekitar inti atom.

  • Model atom seperti Tata Surya
  • Elektron bergerak mengelilingi inti pada lintasan tertentu yang disebut kulit atom (tingkatan energi) yang ditandai dengan bilangan kuantum(n)
  • Pada keadaan normal, elektron menempati tingkat energi terendah (kulit K)yang disebut tingkat dasar (ground state)
  • Elektron dapat bepindah kulit yang disertai penyerapan (kekulit yang lebih luar) /pemancaran energi (ke kulit yang lebih dalam).

Kelemahan dari teori ini adalah hanya sesuai untuk atom hidrogen dan ion dengan 1 elektron. Sedangkan kelabihannya Bohr menyatakan bahwa atom terdiri dari beberapa kulit untuk tempat berpindahnya elektron.

Erwin Scrodinger

mengembangkan teori mekanika kuantum (Werner Heisenberg)  yang dikenal dengan prinsip ketidakpastian yaitu “Tidak mungkin dapat ditentukan kedudukan dan momentum suatu benda secara seksama pada saat bersamaan, yang dapat ditentukan adalah kebolehjadian menemukan elektron pada jarak tertentu dari inti atom”. Daerah ruang di sekitar inti dengan kebolehjadian untuk mendapatkan elektron disebut orbital. Orbital menggambarkan tingkat energi elektron. Orbital-orbital dengan tingkat energi yang sama atau hampir sama akan membentuk sub kulit. Beberapa sub kulit bergabung membentuk kulit. Dengan demikian walaupun posisi kulitnya sama tetapi posisi orbitalnya belum tentu sama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

hOLLy Qur’@n

d@y

September 2010
S S R K J S M
« Mei   Okt »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Arsip

Kategori


!ni K@L!aN

p@rA $p!oN2

%d blogger menyukai ini: